Friday, June 20, 2008

Membuat PC Baru Lebih Baik,Lebih Kuat, dan Lebih Cepat

·



Baik itu workstation atau computer keluarga, setiap PC baru perlu di tweak supaya lebih baik, lebih kuat, dan lebih cepat. Apalagi jika PC sudah dilengkapi dengan broadband, supaya nanti tidak frustasi, ada yang perlu dilakukan sebelum menghubungkannya ke Internet dan melihatnya beraksi. Mendapatkan PC baru, baik itu dikantor atau di rumah merupakan salah satu momen yang menyenangkan. Kita semua menginginkan PC yang lebih baik, lebih kuat, dan lebih cepat. Namun,
PC baru masih perlu di-tweak supaya bias bekerja maksimal dan memberi Anda fondasi yang kuat untuk aplikasi di masa depan dan update operating system. Sementara itu, bagi sebagian besar orang, browser dan World Wide Web merupakan “ killer-apps” dari PC modern — Internet adalah alasan mengapa Anda membeli PC, yang lainnya semua hanya tambahan saja.Namun, terhubung ke Internet tanpa memproteksi dan mempatch PC otomatis mengundang orang untuk menginfeksi PC Anda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Sophos pada Juli 2005, kira-kira 50% kemungkinan PC yang tidak di-patch akan terinfeksi software jahat dalam 12 menit setelah terhubung ke Internet. Begitu terinfeksi, hampir tidak mungkin untuk membersihkan PC kembali tanpa menginstalasi operating system secara keseluruhan (Kita batasi pada PC Windows untuk saat ini). Supaya tidak frustasi karena harus menginstalasi ulang Windows, Anda harus melakukan langkah yang diperlukan untuk meng-update, mengonfigurasi, dan mem-patch PC Anda yang baru. Ingat bahwa sebaru apapun PC Anda, tentu perlu di-patch dan dikonfigurasi.

Sekuriti untuk Ber-Internet
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasang sekuriti yang diperlukan untuk koneksi ke Internet. Workstation kantor diinstalasi oleh administrator jaringan, sehingga sebagian besar sekuriti tersebut sudah terpasang, tetapi untuk PC rumah hal ini sangat penting. Menghubungkan PC ke Internet tanpa memasang sekuriti akan dianggap orang luar sebagai undangan untuk menginfeksi PC Anda dengan virus,worm,atau Trojan.

Aktifkan ClearType dan Atur Setting Desktop
Salah satu hal pertama yang dilakukan pada waktu kali pertama melihat PC Windows baru adalah mengaktifkan ClearType pada Display Properties. Buka Control Panel dan kemudian buka applet Display. Dari situ, buka tab Appearance dan klik tombol Effects. Beri tanda centang ( ) kotak kedua untuk menghaluskan font dan pilih ClearType. Klik OK dan Anda akan melihat tampilan font dilayar lebih jelas. Untuk mata yang lelah, ini bisa mengurangi rasa pusing, terutama jika Anda menatap layar monitor sepanjang hari. Setelah menginstalasi Microsoft PowerToys Anda bisa mengatur setting ClearType untuk mendapatkan tampilan yang lebih sesuai. Dari situ Anda juga bisa mengatur ukuran icon Windows, menampilkan isi jendela pada waktu menyeretnya, memilih themes, memilih model, dan ukuran font. Mereka semua bergantung selera, tetapi bagi kita yang menatap

layar sepanjang hari, setting tersebut harus diatur. Satu hal penting adalah mengubah warna latar teks. Default-nya adalah putih, tetapi sering kali terlalu terang. Ganti ke warna yang tidak terlalu putih untuk mengurangi intensitas dan sakit mata yang disebabkan. Itu merupakan perubahan kecil, tetapi bisa membuat perbedaan yang besar.

Konfigurasi Sistem File
Kadang perusahaan software besar seperti Microsoft mengonfigurasi software mereka untuk melindungi kita dari diri kita sendiri. Contohnya adalah tampilan sistem file pada Windows Explore sistem file tidak ditampilkan, ekstension file tidak ditampilkan, dan menggunakan icon yang besar bukannya daftar lengkap. Beberapa dari setting ini mungkin bergantung pribadi masing - masing, tetapi jika ingin mengetahui betul PC dan Windows atas dan bawah, depan sampai belakang, Anda perlu melihat semua informasi mengenai file yang ditampilkan pada setiap daftar yang Anda lihat. Untuk mengatur tampilan file, buka Windows Explorer dan klik menu Tools, Folder Options, dan kemudian buka tab View. Selanjutnya, gulung daftar dan cari salah satu satu yang berbunyi “Show hidden files and folders”. Kami sarankan juga supaya Anda memberi centang () “Display the contents of the system folders” dan “Display the full path in the address bar”. Hilangkan tanda centang () ada “Hide extensions for known file types” dan “Hide protected operating system files (Recommended)”. Menampilkan file sistem OS yang diproteksi bias membahayakan jika Anda tipe orang yang suka menghapus file dan baru kemudian memikirkannya, tetapi sepanjang Anda berhati-hati kami rasa manfaatnya melebihi risikonya. Setelah mendapatkan tampilan folder yang Anda inginkan, klik tombol Apply to All Folders supaya tampilan berlaku ke semua folder.

Set Resolusi Layar dan Hz serta DPI
Sekali lagi, saran ini bergantung kepada penglihatan masing-masing. Pergilah ke Control Panel dan buka applet Display. Anda mungkin ingin mengubah Appearance atau mengaktifkan Screen Saver, tetapi yang menjadi perhatian adalah tab Setting. Resolusi yang ditentukan oleh proses instalasi (termasuk OS) bias saja bukan resoulsi terbaik untuk hardware atau mata Anda. Untuk monitor LCD, resolusi harus sesuai dengan resolusi asli monitor itu sendiri. Resolusi asli mudah diketahui, itu adalah resolusi maksimum yang bias ditampilkan monitor LCD. Untuk monitor CRT, resolusi harus diatur sesuai dengan kenyamanan mata Anda. Untuk monitor ukuran 17 inci atau lebih biasanya menggunakan 1024x768. Namun, setting sebenarnya yang tersedia ditentukan oleh hardware Anda, yang meliputi tidak hanya monitor tetapi juga video card. Mungkin yang lebih penting dari resolusi adalah Dot Per Inch (DPI) dan Screen Refresh Rate. Ini bisa ditemukan pada tombol Advanced di Display Properties. DPI, yang bisa ditemukan pada tab General, mempengaruhi ukuran tampilan font. Default-nya adalah 96 DPI, tetapi untuk resolusi di atas 1024 x 768 sebaiknya ubah DPI ke 120. Kontrol Screen Refresh bisa ditemukan pada tab Monitor. Monitor Anda akan menentukan setting yang tersedia di situ, tetapi untuk CRT 17 inci atau lebih sebaiknya gunakan refresh rate lebih tinggi dari 75 Hz. Meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya, layer monitor terus-menerus berkedip. Jika terlalu lambat kedipan tersebut bias membuat Anda pusing dan mata sakit, terutama pada CRT. LCD sedikit berbeda. Mereka biasanya dibatasi sampai 60 Hz, tetapi itu karena mereka menggunakan teknologi yang berbeda sehingga tekanan ke mata tidak begitu terasa.

Aktivasi Windows
Pada waktu setup Anda akan diminta untuk mengaktivasi Windows (pada Linux Anda akan diminta mendaftar). Dengan melakukan itu, akan memastikan operating system Anda bukan bajakan dan memberi fitur support yang lain termasuk forum dan FAQ.

Copy Shortcut Browser
Bagi sebagian besar dari kita, daftar situs web favorit merupakan refleksi dari kehidupan kita. Itu lebih dari sekadar daftar tempat di World Wide Web; itu merupakan koneksi kita ke dunia virtual. Namun, begitu link dimasukkan ke dalam browser Anda tidak perlu mengingat URL yang sering kali sulit tersebut. Namun, karena Anda tidak perlu mengingat, Anda bisa saja lupa. Inilah sebabnya menyalin favorit browser sangat penting. Pada Internet Explorer dan Firefox, fitur Import/Export bias ditemukan pada menu File. Setelah Anda mengekspornya ke suatu file, copy file tersebut ke PC baru dan kemudian import file tersebut ke browser pada PC yang baru.

Instalasi Aplikasi yang Dibutuhkan
Jika PC yang baru ada di tempat kerja, maka kemungkinan besar aplikasi yang dibutukan sudah terinstalasi. Namun untuk PC di rumah, masih ada pekerjaan yang perlu dilakukan. Aplikasi yang akan diinstalasi terserah Anda, tetapi tentu saja harus diseleksi. Contoh aplikasi yang harus diinstalasi pada PC yang baru adalah: paket Office, termasuk e-mail client; Money atau aplikasi manajemen keuangan yang lain; RSS Reader, iTunes, program grafis/gambar selain Paint for Windows; VPN client (untuk koneksi ke kantor); apliksi CD/DVD burning selain yang sudah dimasukkan ke PC, editor HTML. Anda bisa memasukkan yang lain. Tentu saja selalu ada aplikasi hiburan seperti World of Warcraft, Call of Duty, dan Civilization.

Setup E-mail dan Home Page
E-mail client dan browser sudah terinstalasi, sekarang saatnya untuk mengonfigurasi mereka. Menentukan home page browser selain tidak sulit, tetapi juga perlu. Home page default untuk browser bukanlah ke mana Anda ingin pergi setiap kali Anda menjalankannya. Konfigurasi e-mail client akan bergantung kepada aplikasi client dan service provider. Pada Outlook, konfigurasi ada di menu Tools, Email Accounts, yang memulai wizard yang akan memandu Anda menyelesaikan proses.

Instalasi PowerToys
Salah satu hal yang lebih penting yang bisa dilakukan untuk meningkatkan PC baru, terutama jika itu PC Windows, adalah menginstalasi Microsoft Windows XP PowerToys. Ini adalah aplikasi free yang bisa mempermudah Anda untuk mengubah konfigurasi default, sinkronisasi komputer, dan mengatur file dan foto.

Simpan Sistem dan Registry
Setelah PC yang baru di-setup sesuai keinginan Anda, luangkan waktu untuk memback-up harddisk dan menyimpan file sistem dan registry. Dengan membuat restore point sekarang akan menghasilkan konfigurasi dasar untuk PC Anda. Ini adalah keadaan di mana Anda bisa kembali jika terjadi sesuatu di masa mendatang. Untuk membuat Restore Point secara manual, jalankan System Restore dengan mengklik Start, All Programs, Accessories, System Tools, System Restore, dan kemudian ikuti langkah pada wizard.

Buat Starter
Sebelum melepas komputer yang lama,luangkan beberapa menit untuk membuat starter yang berisi versi terakhir dari software antivirus Anda. Supaya lebih mudah dan murah gunakan AVG dari Grisoft, tetapi jika Anda lebih memilih Norton atau McAfee itu tidak masalah. Untuk menghemat waktu nantinya, masukkan aplikasi sekuriti yang lain seperti Spybot Search & Destroy, AdAware, dan seterusnya. Akan lebih baik jika Anda juga memasukkan driver (yang telah di-update) yang mungkin Anda perlukan driver untuk video card misalnya. Sama halnya dengan Windows,driver video card Anda bisa juga sudah agak lama. Anda juga harus memasukkan driver untuk perangkat yang nanti akan dihubungkan ke PC yang baru, seperti kamera, scanner, printer, dan perangkat game. Dengan memasukkan semua driver perangkat ke satu CD, berarti Anda tidak perlu ke Internet untuk mendapatkan mereka.

Hapus Aplikasi Promosi
Setelah melewati proses setup awal dimana Windows mengidentifikasi perangkat Anda mungkin diminta untuk mendaftar dan/atau mengaktivasi operating system Windows Anda tunda dulu untuk sekarang, Anda bisa melaku kannya nanti. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan sampah yang terdapat pada PC Anda. Anda harus menghilangkan semua software promosi dan trial yang tidak akan digunakan. Biasanya aplikasi tersebut akan meminta Anda untuk mengaktivasi atau mendaftarkannya proses yang biasa mengakses Internet (Kadang mereka tidak meminta mereka menganggap bahwa Anda menginginkan mereka). Aplikasi yang harus dihapus umumnya adalah iklan ISP, aplikasi antivirus, dan kompetitor aplikasi Anda (yang biasanya sudah ada pada CD-ROM Anda), Money versi trial, dan seterusnya. Jika Anda tidak menggunakannya, bukan applet Add/Remove Programs pada Control Panel dan hapus mereka.

Instalasi Software Antivirus
Dengan asumsi PC sudah menggunakan Windows XP SP2/SP3, intalasi software antivirus yang telah Anda masukkan ke dalam CD-ROM (jika SP2/SP3 belum terintalasi, masukkan update ke CD-ROM beserta patch Windows). Ini juga saatnya untuk menginstalasi software anti-software.

Aktifkan Sofware Firewall
Windows XP SP2 sudah dilengkapi dengan software firewall. Sebelum mulai surfing di Internet Anda harus mengaktifkannya atau Anda bias menginstalasi software firewall lain seperti Zone Alarm. Firewall alternative juga harus Anda masukkan ke dalam CD ROM startup.

Intalasi Printer dan Perangkat yang Lain
Sebelum PC Anda terhubung ke Internet ada baiknya menginstalasi perangkat yang lain. Dengan melakukan ini, maka pada waktu terhubung ke halaman Windows Update, ia akan melihat perangkat Anda dan memberikan saran untuk menggunakan driver yang sudah dites Microsoft (WHQL) jika mereka tersedia.

Buat Password untuk Account Administrator
Salah satu masalah keamanan yang paling jelas adalah PC Windows dengan akses administrator yang terbuka lebar ke direktori root. Anda tidak ingin ada orang lagi selain Anda yang mempunyai aktes tidak terbatas ke setting admin pada PC Anda. Password bisa saja dengan mudah dibobol oleh cracker yang sudah terlatih, tetapi itu akan mencegah penyusup yang kurang pengalaman.

Buat User Account Baru dengan Password
Ini hampir sama pentingnya dengan mem-password account administrator. Untuk aktivitas biasa sehari-hari, Anda tidak perlu menggunakan account admin. Gunakan user account yang juga diproteksi password (password yang berbeda dengan yang Anda gunakan untuk account admin). Ini akan membuat lapisan proteksi tambahan karena user account tidak mempunyai semua akses seperti halnya account admin. Beberapa software bisa dihentikan pada level ini.

Matikan Service Windows yang Tidak Diperlukan
Microsoft telah melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan dikeluarkan SP2, tetapi masih saja banyak service dan proses Windows yang tidak diperlukan yang dijalankan secara default. Jika Anda ingin melihat seberapa banyak mereka tekan Ctrl-Alt-Del, klik Task Manager, dan kemudian klik tab Process. Semua aplikasi, service, proses tersebut, dan seterusnya beroperasi di belakang PC Anda. Masalahnya adalah banyak yang bias membuka akses dari dunia luar ke PC tanpa sepengetahuan Anda. Akses tersebut biasanya bergantung pada yang dilakukan oleh proses, hanya saja sering kali PC Anda sama sekali tidak memerlukan proses tersebut Web server, messenger, debugger semua proses yang tidak Anda butuhkan pada PC pribadi.

Instalasi dan Konfigurasi Router
Bagi sebagian orang ini mungkin menambah biaya pengeluaran yang tidak perlu, tetapi pada masa virus, worm, dan infeksi Internet sekarang ini, router yang berdiri di antara Anda dan dunia luar memberika lapisan proteksi yang penting. Menghubungkan PC secara langsung ke Internet berarti PC tersebut mendapatkan alamat IP sendiri, yang berarti bisa dilihat oleh semua orang yang bermaksud jahat. Router menggunakan alamat IP yang bisa dilihat dan memberikan alamat internal ke PC Anda. Selain itu, router mempunyai hardware firewall dan fitur lainnya yang bias memblokir orang jahat sebelum mereka masuk ke PC Anda. Ini membantu terutama karena yang pertama harus Anda lakukan pada waktu terhubung keInternet adalah langsung menuju halaman Windows Update. Ini adalah tip yang paling penting satu-satunya tempat yang harus Anda tuju pada waktu kali pertama terhubung ke Internet adalah halaman Windows Up-date. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya dalam 12 menit Anda bias saja terinfeksi begitu terhubung ke Internet.

0 comments:

Post a Comment