Friday, June 20, 2008

Membuat PC Dial Up / Router Dengan 1 Disket

·



Membuat PC Dial-Up / Router dengan 1 Disket

Membuat PC Dial-Up dengan 1 Disket

Ini adalah experiment ke 2 dari selama ini mengutak utik linux.
Link, saya download versi windowsnya kemudian extract ke harddisk, lalu saya mempersiapkan diskete kosong.

experiment 1
membangun PC-DialUP dengan Modem & Lan Card
PC saya persiapkan dengan
memasang 1 buah NIC dan 1 buah Modem Internal. tanpa Harddisk
ketik coyote.exe pada windows kemudian pilih Next

step 1: menentukan NIC/Lan Card dengan mengisi IP adress yg akan di sharing sebagai contoh saya isikan 192.168.0.1 dan netmasknya default.

Step 2: Diminta memasukan Password root, hal ini berguna untuk meremote via web dan/atau Ssh

Step 3: diminta untuk menentukan dimana syslog akan dikirim, pada saat ini saya lewatkan dengan menekan next

Step 4: disini ada 4 pilihan koneksinya menggunakan apa, saya mencoba dengan PPP Modem Dialup setalah itu diisi saya ambil contoh:
username : telkomnet@instant
PhoneNumber: 080989999
Password : telkom confirm:telkom
Com Port : Com2 setelah itu next

Step 5 : karena tidak menggunakan DHCP maka bagian ini saya NEXT saja

Step 6 : Menentukan NIC card
karena NIC saya 3c905B maka saya memilih 3c59x atau dengan memilih select, karena IO dan IRQ optional maka yang ini saya lewatkan, jadi memilih next saja

Step 7: Memilih Bahasa saya menggunakan English

Step 8: Create Disk lalu dengan menunggu akhirnya jadilah Bott diskete tersebut untuk dijadikan PC DialUP

Setelah selesai kemudian di coba ke PC yang dimaksudkan untuk dialup tsb

mudah bukan.
jika ini berhasil saya mencoba meremote via web dengan mengetikan http://192.168.0.1:8180 lalu web Guinya keluar dan bisa dikondigurasi dari sini
saya juga mencoba dengan putty ternyata bisa juga

Experiment 2
Membuat PCROUTER dengan 1 Disket
saya mencoba dengan 2 LAN CARD 1 buat NIC Local dan 1 buah NIC External / terhubung ke ISP
Saya lakukan seperti diatas hanya pada :
step 4: memilih dengan Use a Static IP Configuration tinggal memasukan informasi dari ISP anda IP, Gateway,Subnet Mask, DNS1,DNS2 kemudian next sampai pada :

step 6: sedikit berbeda dengan diatas disini tinggal Menentukan 2 LAN CARD tinggal memilih yg sesuai. Step lainnya sama dengan yang diatas sampai create Disk

kesimpulannya coyote ini sangat sederhana sekali namun powerfull. kita tidak dipusingkan dengan mengatur NAT, IP FOWRARD, IPTABLES bayangkan dengan 8 step sudah bisa membangun router sederhana.

1 comments:

Anonymous said...
July 28, 2008 at 11:51 AM  

koq penulisnya gk ditulis :)

http://linux.or.id/node/1239

or
http://jjfugazi.wordpress.com/category/linux/

Post a Comment